. Excecutive Summary
Perkembangan
bisnis di dunia sangatlah
spektakuler. Di Indonesia sendiri
perkembangan Bisnis sangat pesat
seiring dengan meningkatnya
minat & kesadaran masyarakat untuk
memiliki usaha sendiri,terutama di sector pangan. Dimana pangan merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan. Dengan
meningkatnya aktivitas, maka masyarakat memerlukan makanan yang siap saji.
Salah satu contoh makanan siap saji adalah donat. Donat merupakan makanan yang tidak
bisa dipisahkan dari perubahan gaya hidup dan konsumsi masyarakat yang
sudah mulai berubah. Seiring dengan perkembangan teknologi dan permintaan
masyarakat, jenis dan variasi donat makin berkembang. Tidak lagi donat
berbentuk cincin dengan taburan gula halus yang dapat kita nikmati. Oleh karena itu, kami akan
mendirikan suatu usaha yang memproduksi berbagai variasi donat
yang menarik dan berkualitas. Misalnya donat berbentuk bintang, love,
bunga dengan berbagai taburan khas.
Pembentukan usaha bOom donat ini merupakan suatu peluang usahayang bisa dimanfaatkan khususnya
di daerah Kotamadya medan. Semakin cepat usaha ini dijalankan maka semakin
mempercepat untuk memperoleh keuntungan yang diinginkan.
2.
Visi dan
Misi
1. Visi
Menghasilkan
produk yang Berkualitas dengan Mengutamakan kepuasan konsumen
2.
Misi
a.
Meningkatkan kualitas dengan harga yang tetap
terjangkau
b.
Menciptakan berbagai variasi bentuk dan rasa dari
produk donat dan minuman coklat.
c.
Menyesuaikan produk donat dengan selera masyarakat.
d.
Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen
dengan berpedoman bahwa konsumen adalah raja.
e.
Mencantumkan harga, rasa, tanggal kadaluarsa dan
keterangan bahan baku yang digunakan agar rasa konsumen mudah dalam memilih dan
menilai produk donat.
f.
Menciptakan kemasan yang menarik agar konsumen mau
melirik dan membeli produk.
3. Logo
Perusahaan
4. Deskripsi
Produk
Roti
goreng berbentuk cincin yang telah dikenal masyarakat Indonesia sejak tahun
1968 ini mulai dijadikan makanan siap saji dan praktis oleh mereka yang sibuk
dengan kegiatan sehari-hari. Selain mudah dikonsumsi dimana saja, mengkonsumsi
donat juga sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia.
Seiring
dengan perkembangan teknologi dan permintaan masyarakat, jenis dan variasi
donat semakin berkembang. Tidak lagi donat cincin dengan taburan gula halus
yang dapat kita nikmati. Oleh karena itu, kami mencoba membuat variasi donat
yang menarik, berkualitas, dan memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh
perusahaan lain. Misalnya berbentuk bintang, love dan elips dengan taburan khas
yang berbagai macam.
·
Manfaat Produk
1.
Menyajikan makanan siap saji dengan harga yang
terjangkau.
2.
Produk bersifat praktis sehingga mudah dibawa kemana
saja.
3.
Dapat dijadikan sebagai pengganti makanan pokok.
·
Proses Produksi
§ Alat dan
Bahan
Ø Bahan:
1.
Tepung terigu
2.
Ragi Instant
3.
Baking powder
4.
Bread improver
5.
Gula Pasir
6.
Susu bubuk
7.
Telur
8.
Air
9.
Garam
10. Margarine
11. Minyak
goreng
§ Cara
Membuat:
1.
Siapkan alat dan bahan
2.
Campur semua bahan yang telah disiapkan lalu aduk
dengan menggunakan mixer
3.
Masukkan air, aduk dengan kecepatan rendah hingga
tercampur rata atau aduk sampai kalis
4.
Masukkan garam dan margarine aduk dengan kecepatan
tinggi. Tipiskan adonan menggunakan rolling pin, lalu potong menggunakan donat
cutter. Angkat adonan.
5.
Istirahatkan adonan selama 10 menit
6.
Istirahatkan adonan didalam proofer atau tutup dengan
plastik selama 30 menit atau sampai mengembang
7.
Angkat donat, lalu balik dan masukkan kedalam
penggorengan yang berisi minyak panas. Goreng donat hingga permukaannya
berwarna kecoklatan, lalu tiriskan hingga minyaknya turun.
8.
Hiasi bagian atas donat dengan berbagai kreasi sesuai
selera.
5. Strategi
Usaha
Dalam pendirian usaha Boom Donat, strategi usaha yang
kami gunakan adalah:
1.
Mendaftarkan merek usaha kami atas produk yang
dihasilkan dalam rangka menghindari kompetitor yang ingin menduplikasi merek
usaha kami.
2.
Mempertahankan kualitas dan pelayanan produk
sebagaimana yang tercantum dalam visi dan misi kami.
3.
Mendesign kemasan baik untuk produk maupun tempat
usahasemenarik mungkin.
6. Strategi
Pemasaran
·
Target pasar
Target pasar
yang tepat untuk usaha Donat adalah semua kalangan masyrakat, mulai dari
masyarakat biasa, pegawai dan anak sekolahan dengan harga yang sangat
terjangkau. Usaha BoOm Donat memiliki tempat yang cukup strategis, dimana
terletak dijalan poros yang memudahkan kendaraan
ataupun orang yang lewat singgah di counter kami. Selain itu usaha kami dekat
dengan sekolahan mulai dari kampus, SD dan SMP.
Adapun strategi pemasaranyang kami
gunakan adalah:
1.
Promosi
§ Direct
Selling (penjualan langsung)
Sesuai dengan usaha kami yang
berbentuk sistem counter, kami menjual langsung produk kami dimana konsumen
dapat menikmati donat ditempat yang telah kami sediakan. Konsumen pun dapat
membawa pulang produk yang mereka beli.
2.
Strategi dalam menetapkan harga yaitu dengan
mempertimbangkan biaya produksi. Dalam menjalankan usaha harus mendapatkan
untung sehingga harga jual harus menguntungkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar